Walikota Buka Rapat Pemutakhiran Data TLHP

Banda Aceh | Selasa pagi (18/12/2018) Aula Lantai IV Gedung Mawardy Nurdin Balai Kota Banda Aceh menjadi tempat pelaksanaan kegiatan Rapat Pemutakhiran Data Hasil Pemeriksaan dan Pengawasan Inspektorat Kota Banda Aceh Tahun 2018. Para entitas dari unsur OPD, BLUD, Kecamatan, Puskesmas, para Kepala Sekolah SD dan SMP serta Keuchik dan Perangkat Gampong dalam Wilayah Pemerintah Kota Banda Aceh telah hadir memenuhi ruangan untuk mengikuti rapat tersebut.

Tepat pukul 09.00 WIB acara dimulai yang diawali dengan pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an oleh Tgk. Fadhil Abdullah. Dilanjutan dengan laporan Panitia Penyelenggara yang disampaikan oleh Sekretaris Inspektorat, Muhammad, S.Sos. MM. Dalam laporannya itu disebutkan bahwa “Pelaksanaan rapat pemutakhiran data ini dilatarbelakangi semangat untuk mengevaluasi hasilpengawasan dan menginventarisasi hambatan serta merumuskan langkah perbaikan yang dianggapperlu dalam penguatan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan daerah.”

Walikota Banda Aceh, H, Aminullah Usman, SE.,Ak.MM dalam sambutannya saat membuka kegiatan rapat tersebut menegaskan bahwa, “Pengawasan (controlling)  merupakan salah satu fungsi manajemen yang penting dalam penyelenggaraan pemerintahan. Tujuan utama pengawasan adalah menjaga dan menjamin agar penyelenggaraan pemerintahan dapat mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan secara ekonomis, efektif dan efesien sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 79 Tahun 2005 tentang Pedoman Pembinaan dan Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah.”

Rapat Pemutakhiran Data Hasil Pemeriksaan dan Pengawasan Inspektorat Kota Banda Aceh Tahun 2018 tersebut dirangkai dengan kegiatan Sosialisasi Pencegahan Korupsi pada Penyelenggaraan Keuangan Negara, yang menghadirkan Narasumber dari Kejaksaan Negeri Kota Banda Aceh serta Paparan Umum Penjelasan Koordinasi Tindak Lanjut Perjanjian Kerjasama Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dan Aparat Penegak Hukum (APH) Kota Banda Aceh, dengan Narasumber dari Polresta Banda Aceh.

Diakhir sambutannya Walikota menekankan, bahwa simpulan akhir dari pemutakhiran data laporan hasil pemeriksaan dan pengawasan tersebut akan menjadi bahan evaluasi dan penilaian tersendiri bagi Walikota terhadap kinerja dan komitmen dari seluruh perangkat daerah dalam mewujudkan tata pemerintahan yang baik di lingkungan Pemerintah Koa Banda Aceh.